Rabu, 03 Agustus 2011

Meraih Kemenangan yang Sesungguhnya


Ini rasa yang biasa saya nikmati setiap kali memasuki bulan Ramadhan, rasa yang bagi sebagian orang mungkin terlalu berlebihan atau lebay. Tapi sejujurnya memang ini yang selalu saya rasakan setiap memasuki bulan yang suci ini.

Rasa kehilangan, yah itulah yang saya rasakan. Tak bisa dipungkiri bahwa saya selalu merasakan kehilangan saat-saat yang penting dibulan Ramadhan ini, momen dimana saya selalu merasakan aroma rohani yang nikmat saat menjalani ibadah dibulan Ramadhan ini.

Seiring bertambahnya usia dan semakin besarnya tuntutan kehidupan memang dapat mempengaruhi seseorang dalam menjalani hidup hingga mudah lupa akan keberadaan Sang Maha Pencipta, terjerambab dalam kehidupan fana dan hanya mengejar kenikmatan duniawi yang hanya sesaat.

Perasaan seperti ini pasti pernah dirasakan oleh siapapun, mungkin termasuk Anda. Mungkin Anda pernah merasakan romansa masa-masa indah saat Ramadhan ? Entah itu di saat masa kanak-kanak, di masa sekolah atau mungkin di saat Anda masih dibangku kuliahan. Rasa itulah yang saya maksud.

Bayangkan dan renungkanlah, seberapa banyak hal dan waktu yang terlewat... bila dulu mengisi Ramadhan ini dengan segudang tuntutan orang tua, sekolah atau gengsi anak muda saat menjalani ibadah puasa tapi kita tetap dapat menikmati puasa dengan penuh kegembiraan.

Dan kini, saat kita telah memiliki segalanya, anak, istri, suami, pekerjaan, rumah dan mungkin harta yang berlimpah, kita malah seolah lupa dengan makna dan nilai puasa yang sedang kita jalani. Saat memasuki Ramadhan yang ada dibenak hanya membayangkan harga-harga kebutuhan pokok yang melambung saat memasuki bulan Ramadhan atau mungkin juga setumpuk tuntutan yang membebani isi kepala kita untuk mencukupi kebutuhan lebaran keluarga.

Sebenarnya semuaanya adalah masalah klise yang selalu menghinggapi setiap orang tapi saya yakin, seberat apapu tuntutan hidup, sekejam apapun jaman menggilas, kita tetap tidak boleh lupa untuk selalu beribadah kepadaNya, di bulan Ramadhan inilah kesempatan yang kita miliki untuk instropeksi dan menguji kesabaran kita dalam menjalani hidup dan belajar untuk berbagi kepada sesama, semuanya dalam kerangka memperkokoh keimanan dan ketakwaan kita.

Semoga di bulan Ramadhan ini, kita dapat meraih kemenangan yang sesungguhnya... Amiiieen

Tidak ada komentar: