Minggu, 27 Februari 2011

Bukannya Tidak Butuh Tapi....

Beberapa kali salah seorang rekan di salah satu situs jejaring sosial memberikan tipsnya tentang bloging dan dari hasil Googling juga banyak menyajikan tips tentang blogging.

Ada satu tips yang sedikit membuat saya berfikir, salah satunya adalah yang menyatakan bahwa tukar menukar backling dan link akan meningkatkan pagerank kita di search engine, salah satu cara untuk tukar menukar dengan 'berkenalan' dengan sesama blogger yang diawali dengan memberikan komentar di blog orang lain (dengan mengharapkan orang tersebut mampir juga ke blog kita)

Hmmm.... seperti itukah ? Saya bukan anti sosial dan saya juga bukan orang sombong tapi terus terang saya bukan jenis orang yang suka berbasa-basi terlalu banyak dan tidak suka obrolan yang ngalor-ngidul, meskipun kadang dalam ajang komentar di suatu blog kadang mengandung diskusi tentang suatu topik terkait dengan topik tulisan di blog tersebut.

Saya lebih cenderung memilih milis dari pada ajang komentar blog (apalagi situs jejaring sosial) untuk mendiskusikan suatu yang saya anggap menarik karena biasanyaa milis lebih fokus saat kita mendiskusikan suatu 'threat' dan lebih bebas (dan puas karena menggunakan medium email) tapi saya tetap menghargai pengunjung yang memberikan komentar dan sarannya mengenai tulisan saya tersebut.

Memang sih kadang ada keinginan 'kapan ya blog saya penuh dengan komentar dari pengunjung?' meskipun sebenarnya fokus saya bukan disitu saat saya membuat tulisan. Saya hanya ingin menuangkan fikiran, gagasan dan pengetahuan saya aja, untuk urusan 'pagerank' biarlah itu urusan search engine yang urus toh bila ada tulisan saya yang terindex dan dibutuhkan oleh orang lain (sesuai keywords mereka) dan sekiranya bermanfaat toh tetap akan dikunjungi (syukur-syukur si pengunjung mau menampilkan backlink blog saya di blognya apalagi bila materi blog saya digunakan)

Tidak ada komentar: